00.03
0

 Bagaimana cara mengecek PG pada PSU ?

 
Assalamualaikum wr wb

Berikut saya sampaikan materi pembelajaran baru untuk Staff IT (bahasa lamanya staff teknis) Square Grup Internet Cafe. Materi ini berhubungan dengan PSU (Power Supply Unit , red: baca pe es yu). PSU merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah sistem komputer, PSU berfungsi layaknya seperti jantung manusia dimana PSU memompa aliran listrik untuk seluruh komponen dalam sistem komputer. Jika aliran listrik yang dialirkan kurang stabil (baik), maka akan didapatkan berbagai masalah dalam sistem komputer tersebut. Komputer restart sendiri baik ketika kepanasan atau tidak, komputer tiba tiba mati sendiri tanpa sebab, komputer tiba tiba tidak bisa mendeteksi peripheral (contoh: tidak bisa mendeteksi hardisk), dll merupakan salah satu kejadian yang bisa berasal dari kegagalan kinerja PSU. 

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai PG (power good), atau dalam bahasa detail PSU adalah PWR_OK. Unsur tersebut merupakan unsur penting dalam menyalakan sistem kelistrikan di dalam PSU, jika PG benilai tidak baik maka ada kemungkinan komputer akan delay dalam waktu tertentu sebelum komputer nyala. Atau bisa juga komputer tiba tiba restart sendiri tanpa sebab. PG / PWR_OK memegang peran sebagai kontrol dalam memastikan bahwa listrik yang hendak di supply di komputer stabil (baik), karena setiap kita menyalakan PSU, PG akan cek dahulu tegangan yang diperbolehkan di supply ke komputer, baru PSU bisa nyala.

PG pada PSU PSU non pure (a.k.a PSU abal abal, ex:simbokdhe dkk) memiliki nilai PG yang always good. Karena isu pada PSU yang non pure kebanyakan jarang menemui kasus PSU rusak, karena cenderung Hardware di dalamnya sudah pada rusak duluan (bahasa non baku). Bagaimana ini bisa terjadi? karena jika dalam switch PSU tidak menggunakan Board Controller, maka pada dasarnya listrik yang dilewatkan pasti melalui jalur bypass tanpa pemeriksaan. Oleh karena itu pada PSU Pure power seperti yang dimiliki warnet, kasus PG rusak memang sering terjadi, dan jika sampai parah rusaknya hingga PSU tidak dapat di service. Masih sedikit orang di indonesia yang bisa memperbaiki Board Controller pada PSU Pure power. 

Dari hal tersebut, saya berikan sedikit tutorial bagaimana cara mengecek PG pada PSU, baik dengan multitester maupun dengan PSU tester analizer. Langkah pertama akan saya jelaskan maksud dari tutirial pada gambar dibawah ini


Inline image 1

Untuk melakukan pengecekan dengan multitester, pastikan multitester diputar pada arah DCV dan dipilih skala 20. Kenapa demikian? karena tegangan yang hendak kita ukur adalah tegangan DC, bukan AC yang dikeluarkan langsung dari listrik PLN. Kemudian skala 20 dipilih karena tegangan pada PSU paling besar 12V, jadi kita pilih skala yang bisa menangani pengukuran 12V.

Untuk memulai pengukuran PG, pastikan pin Hijau dan hitam pada pin pin PSU sudah disatukan (disambungkan) dikarenakan untuk melakukan pengetesan, PSU wajib dalam kondisi nyala. Tempelkan jarum merah dari multitester ke pin nomer 8 (kabel warna abu abu), kemudian tempelkan jarum hitam ke pin apa saja yang penting GROUND (kabel hitam). Pastikan range nilai yang keluar pada multitester adalah nilai antara 2V sampai 6V. Jika nilai yang keluar dari multitester diluar nilai tersebut, dan atau mendekati nilai tersebut, kemungkinan besar PSU tersebut sudah hampir rusak (seperi pada gambar).

Kemudian untuk pengecekan PG dengan alat PSU tester analizer, perhatikan gambar dibawah ini

Inline image 1

Pastikan nilai PG di dalam range antara 100 s/d 500 ms (milisecond/milidetik). Jika nilai PG diluar itu, kemungkinan besar PSU tersebut sudah rusak. Hal ini tidak bisa sebagai acuan dalam melakukan tes pada PSU non pure power, karena pada PSU non pure power tidak memiliki sistem controller board untuk menjalankan PG.

Sekian kuliah untuk Staff IT, harap dicoba masing masing lokasi (alat silahkan pinjam di platinum internet). Jadikan materi ini sebagai bahan kuliah yang suatu saat akan digunakan sebagai ujian di dalam dunia kerja.  Terima Kasih atas waktu yang diluangkan.

Wasslamualaikum wr wb



Muhammad Taufik Riadi, S.kom., MBA
(IT Consultant & Business Developer)

0 komentar:

Posting Komentar