22.42

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran yang berlokasi di desa Kanigoro kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta merupakan pantai yang masih alami dan sangat indah dipadu dengan patung seperti semar, garuda, dan tiga dewi. Dari Wonosari yang merupakan kabupaten Gunungkidul berjarak sekitar 35 km ke arah selatan.

Bila dari arah Yogyakarta sekitar 65 km jaraknya untuk bisa sampai Ngobaran.Bila menelusuri jalan Yogyakarta-Wonosari maka bila sampai Lapangan terbang Gading belok ke kanan menuju kecamatan Playen,Paliyan .Dari kecamatan Paliyan terus keselatan menuju Trowono melewati PUSIKLAT TNI AD dan melewati hutan Sodong yang jalannya menanjak dan berkeloko-kelok.Di daerah Sodong masih bisa ditemui hewan kera yang bersembunyi di gua-gua di hutan Sodong.

Sebelum masuk Trowono akan melewati telaga Namberan sebagai cadangan air masyarakat Trowono dan sekitarnya khususnya untuk minuman ternak , mandi dan cuci pakaian.Masuk Pasar Trowono langsung ke selatan melewati jalan beraspal yang agak sempit ,berkelok-kelok melewati kelurahan Kanigoro Saptosari.Di kanan kiri jalan ditemui pipa-pipa air minum yang dialirkan ke masyarakat dari sumber air di Ngobaran.Sebelum masuk Ngobaran dan Ngrenehan ada persimpangan jalan yang mana bila belok ke kiri menuju Ngrenehan dan bila belok ke kanan menuju pantai Ngobaran.Sesampai di Ngobaran akan disuguhi pemandangan yang sangat indah,dari atas bukit kita bisa melihat laut yang sangat luas dengan ombak yang bergulug-gulung.Dipinggir pantai ada hamparan batu cadas yang sangat indah dimana sebagian masyarakat mencari rezeki dengan memunguti ruput laut untuk di jual sebagai tambahan penghasilan.Sebagian penduduk membuat warung makan dan jasa kamar kecil untuk mandi dan cuci.

Di warung makan milik penduduk kita bisa menikmati makan nasi dengan lauk ikan laut goreng dengan lalapan sambal trasi dan kobis maupun daun kemangi yang sangat nikmat dan lezat.

Demikian sekilas keindahan pantai Ngobaran Kanigoro Saptosari Gunungkidul Yogyakarta semoga bisa menjadi acuan bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Pantai Ngobaran Gunungkidul Yogyakarta.