20.48
1
Migrasi server multimedia membutuhkan waktu yang lumayan panjang, dengan pemikiran yang matang. Sehingga apa yang kita kerjakan nantinya tidak berantakan ditengah jalan. kemarin saya mencoba membantu sedikit-sedikit pak manager IT Muhammad Taufig dikerjaan.

Langkah-langkah migrasi server dari pertama kali yang dilakukan adalah membackup data, kemudian menyiapkan PC server yang baru, dalam persiapan PC server baru dibutuhkan penginstalan dengan Operasi sistem "Windows Server 2008 R2" , kemudian berpikir ketahap selanjutnya.

Langkah selanjutnya adalah memindahkan file backupan ke hardisk yang akan dipakai (hardisk baru). dengan menggunakan teracopy, (biar lebih cepat). proses copy memakan waktu 2 hari, dengan besar file kurang lebih 5 terabyte.setelah itu makan dulu biar pikiran dingin dulu.

Lalu setelah semua dipastikan tercopy, selanjutnya adalah memasang hardisk, dan cek ulang isi data, serta melabeli hardisk dengan kertas sticker biar semuanya bisa dengan mudah ditandai. kemudian dilanjutkan dengan memilah-milah hardisk, disini menggunakan hardisk WDC Black, WDC Blue dan WDC Green.


hardisk yang WDC black dijadikan 1 PC server dengan WDC blue, sementara WDC Green dijadikan 1 lagi ke PC server 2. Jadi ( ada 2 server )


























( Foto kalkulasi file, harus dihitung dengan matang )


 ( Foto hardisk yang digunakan )



































( Foto hardisk dilabeli dengan kertas sticker )

Selanjutnya memasang hardisk-hardisk tersebut, yang PC server 1 sudah siap disetting. kemudian selanjutnya menyiapkan yang server 2. server 2 siap disetting juga.

OMG.....server yang kedua ternyata kecelakaan, tidak bisa booting, bootmngrnya missing, lalu saya pergi mencari Masternya windows server r2, kemudian direpair, repair pun berhasil.

Nah server dah bisa booting sekarang. selanjutnya tinggal setting. file server multimedia ini di share ke client, sehingga harus membuat link-link target. dan link pun siap ditargetkan ke client.sekarang sudah memiliki 2 server dengan kapasitas 13 terabyte (server 1+ server 2)






.

1 komentar: